Social Icons

Sabtu, 25 Januari 2014

Keutamaan Sholat Dhuha

Assalamu'alaykum Wr.Wb Sahabat KAMMUS :)
Bagaimana weekend nya? Semoga selalu menyenangkan dan tetap ingat dengan Allah SWT yaa. Contohnya ingat mengerjakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu sholat 5 waktu dan kalau bisa mengerjakan sholat sunnah nya juga karena banyak banget keuntungan kalau kita mengerjakan sholat sunnah.

Nah, kali ini di blog kammus fkg ugm ini akan di share tentang Sholat Dhuha serta keutamaannya.



Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Afdhalnya dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik (kira-kira jam 9.00). Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Nabi.
Allah berfirman : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).

Nah, mau tau keutamaan sholat dhuha?

Yang pertama itu shalat dhuha merupakan sedekah bagi 360 ruas tulang yang dimiliki manusia. Rasulullah SAW bersabda, "bagi masing 2 ruas dari anggota tubuh diantara kalian pada pagi hari harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan mengerjakan sholat dhuha dua raka'at" (H.R Muslim dan Abu Dzar)

Yang kedua, dibangunkan istana dari emas di surga. Allah akan membangun istana di surga bagi orang yang gemar sholat dhuha. Rasulullah tegaskan dalam hadist dari Anas bin Malik, "Barang siapa sholat dhuha dua belas raka'at, maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga." (H.R Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Yang ketiga, dicukupi kebutuhan hidup. Allah akan memberikan kelapangan rezeki bagi yang gemar sholat dhuha. Rasulullah menjelaskan dalam hadist Qudsi dari Abu Darda' bahwa Allah berfirman: "Wahai anak Adam, rukuklah karena Aku pada awal siang (sholat dhuha), maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu di siang hari." (H.R Timdzi)

Selain yang diatas, masih banyak hikmah-hikmah yang dapat kita ambil dari sholat dhuha. So, lakukanlah sholat dhuha di sela-sela waktu sahabat :)

Wassalamu'alaykum Wr.Wb
Allahu Akbar!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Saudara ke blog KAMMUS FKG UGM ini, semoga silaturahmi tetap terjaga
 
 
Blogger Templates